Prakerin adalah Kependekan Dari Praktek kerja industri adalah Kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Dengan Kopentensi siswa sesuai bidangnya dan untuk menambah bekal untuk masa-masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingan Seperti masa sekarang ini
Dalam pelaksanaannya Praktek Kerja Industri ini dilakukan diberbagai lokasi prakter sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh siswa.
Dalam Pelaksanaan Nya dilakukan dengan prosedur tertentu bagai siswa yang bertujuan Untuk magang di suatu tempat kerja baik dunia usaha Maupun dunia Industri setidak nya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang di geluti nya atau sudah mendapatkan bekal dari guu pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yag akan diterapkan dalam dunia uusaha atau dunia industri
Alasan Utama mengapa para siswa harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuuai bidang nya agar dalam pelaksana annya praaktek keerja industri tidak ada kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga kejurun terkait.
Dalam Proses pelaksanaan PRAKERIN ini dihaarapkan setiap siswa mampu mengikutii kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakuka didunia usaha maupun dunia industri ,agar siswa tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang lebih baik da yang berguna bagi diri nya serta agar siswa tersebut mampu meunjukan kinerja nya secara maksimal apa yang telah dilakukan nya selama berada di dunia usaya ataua duna industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia Idustri.
Alasan Utama mengapa para siswa harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuuai bidang nya agar dalam pelaksana annya praaktek keerja industri tidak ada kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga kejurun terkait.
Dalam Proses pelaksanaan PRAKERIN ini dihaarapkan setiap siswa mampu mengikutii kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakuka didunia usaha maupun dunia industri ,agar siswa tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang lebih baik da yang berguna bagi diri nya serta agar siswa tersebut mampu meunjukan kinerja nya secara maksimal apa yang telah dilakukan nya selama berada di dunia usaya ataua duna industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia Idustri.
Landasan Hukum Prakerin
1. Undang Undaang No.20 tahun 2003 Tentang siistem pendidikan Nasional : pendidikan aadalah usaha sadar terencanna untuk mmewusjudkan suasana belajar dan process pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri nya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan ,peengendalian diri kepribadian ,kecerdasan ,akhlak muliia ,serta keterampilan yang diperlukan diri nya , massyarakat Bagsa Dan Negara
2. Kepmen pendidikan dan kebudayaan No.323/u/1997, Tentang penyelengaaraan Prakerin SMK
Tujuan Diadakanya Prakerin
1. Mengimplementasikan materi yang di apatkan disekolah
2. Membentuk pola piker yang membangun bagi sisiwa PRAKERIN
3. Melatihh sisiwa untuk berkomunikasi /Berinteraaksi secara Profesional didunia kerja yang sebenar Nya
4. Membeentuk semangat kerja yang baik bagi siswa PRAKERIN
5. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa sesuai bidang masing masing
6. Menaambah jenis Keterampilan Yang dimiliki Oleh siswa agar daapat diembangkan dan di implementasikan di kehidupan sehari hari
7. Menjalin kerja sama yang baik antara Sekolah dan dunia Industri maupun dunia usaha
Manfaat Prakerin
1. Menghasilkan tenaaga kerja Yang memiliki keahlian professional Yaitu Tenaaga kerja Yang memiliki Pengetahuan , keterampilan dan semangat kerja Yang sesuai Tuntutan kerja
2. Memperkokoh Hubungan sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha
3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
4. Emberi Pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
5. Menyiapkan Sumberdaya Maanusia yang berkualitas sesuai tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.
0 Post a Comment:
Posting Komentar